Trouble shooting ATV


Motor ATV sama dengan motor 2 atau 4 tak semacam Honda Grand atau Supra. Cuman yang jadi masalah adalah tidak adanya kick starter, jadi semuanya mengandalkan motor starter.

Bila motor starter rusak, untuk motor ATV yang matic tidak bisa hidup mesinnya walau didorong-dorong. Sedangkan motor ATV manual masih bisa hidup bila didorong, jadi tinggal masukkan aja kegigi 2(dua) tahan persneling pada saat didorong kemudian lepas persneling saat dorongannya mencapai kecepatan tertentu.

Tidak operasinya motor starter pada umumnya karena aki yang ngedrop karena pengisian yang tidak optimal atau akinya sendiri yang rusak. Untuk ini perlu diceck juga diode regulator(kuprok).

Untuk aki yang sempurna perlu dilakukan pengecekan pada switch starter atau pada motor starternya sendiri. Untuk mengecek motornya bagus atau tidak, bisa dijumper sesaat terminal kabel (mur m6) pada switch starter yang terhubung ke motor starter. Bila motor bisa hidup berarti masalah ada pada switchnya atau koneksi kabel-kabelnya. Bila masih kesulitan bisa menghubung Happy Car. Semoga bermanfaat.